Kamis, 21 Juli 2011

Green Screen ???

Teknik pembuatan film seperti ini dinamakan teknik Green Screen/layar hijau. Green Screen adalah sebuah teknik penggabungan antara dunia animasi dengan dunia nyata. Biasanya warna Green tersebut dihilangkan dan diganti dengan background yang lain.
Selain digunakan untuk menggabungkan 2 gambar yang berbeda (animasi dan dunia nyata), green screen juga digunakan untuk pemisahan warna. Jika kita perhatikan, di beberapa film “khayal” (superhero), aktor maupun aktrisnya jarang sekali mengenakan pakaian atau objek berwarna hijau. Hal itu dilakukan agar, warna pakaian atau objek tersebut tidak bertabrakan dengan warna green screen. Dan mengapa warna hijau yang dipilih..?? Karena warna hijau memang jarang sekali dipakai, dibanding merah, biru, putih, maupun hitam.
Dalam dunia pertelevisian, maupun perfilm’an,
Green Screen sudah banyak digunakan. Misalnya, warna hijau pada green screen diganti dengan gedung pencakar langit (spiderman),  sesosok monster yang menyeramkan (godzilla), dll.
Kita ambil contoh spiderman. Bagaimana bisa spiderman merayap di dinding..?? Nah dalam scene ini, Tobey Maguire (pemeran spiderman) dengan kostumnya, hanya sekedar merayap di lantai yang beralas suatu layar hijau yang besar (Green Screen). Tugas sang editor adalah mengedit layar hijau tersebut (sebagai background) dan diubah menjadi dinding. Maka dari itu, ketika dilihat hasilnya, seolah-olah spiderman benar-benar dapat merayap di dinding.
Begitu pun juga yang terjadi pada film godzilla. Bagaimana bisa, godzilla (animasi) mengejar manusia-manusia (asli)..?? Nah, dalam pembuatan film ini, Green Screen masih tetap dijadikan bahan utama. Ternyata, para aktor maupun aktris (manusia) tersebut hanya berlari-lari, berputar-putar, di depan sebuah layar hijau yang sangat besar (Green Screen). Sang editor lah yang mengganti warna hijau pada Green Screen, dengan sesosok monster menyeramkan itu. Seakan-akan, godzilla benar-benar ada.
Hingga sekarang, teknik Green Screen sangatlah sering dipakai. Bahkan tak jarang acara Infotainment, Berita, Talk Show di televisi,  menggunakan teknik editing ini, agar backgroundnya tampak menarik.

Tidak ada komentar: